cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 10 Documents clear
TREE LEECH Hafnani Hafnani; Saiful Amri; Mahmudi Mahmudi
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.077 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.39-44

Abstract

STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Radiusman Radiusman
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.238 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.1-8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya pemahaman konsep matematika yang tepat bagi siswa sekolah dasar, sehingga siswa sekolah dasar mampu untuk menyelesaikan permasalahan matematika itu sendiri, serta mampu melihat bahwa konsep matematika itu memiliki hubungan yang erat dengan bidang ilmu lain serta memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan tinjauan literatur dari berbagai sumber yang mengkaji pentingnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep pada pembelajaran matematika diperoleh dari kegiatan yang interaktif antara guru dan siswa. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang tepat akan mampu memberikan contoh, membandingkan, menjelaskan, menarik kesimpulan, menyelesaikan permasalahan matematika serta mampu melihat hubungan matematika dengan bidang ilmu yang lain. Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran matematika jika memiliki konsep yang benar dalam pemikirannya.
SEMIGRUP SMARANDACHE (L_D (V,W),Θ) Miftah Sigit Rahmawati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1769.904 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.27-38

Abstract

Semigrup merupakan struktur aljabar yang merupakan perumuman dari grup. Suatu semigrup yang memuat suatu subset sejati sedemikian hingga subset tersebut merupakan grup terhadap operasi biner yang sama pada semigrup disebut semigrup Smarandache. Himpunan semua transformasi linear dari suatu ruang vektor V ke ruang vektor V, yaitu LD(V) terhadap operasi komposisi transformasi linear membentuk suatu semigrup. Apabila diberikan himpunan transformasi linear dari suatu ruang vektor V  ke ruang vektor W, yaitu LD(V,W) maka LD(V,W) bukan merupakan semigrup terhadap operasi komposisi transformasi linear. Himpunan transformasi linear LD(V,W) dapat menjadi suatu semigrup terhadap operasi komposisi transformasi linear dengan membantuk semigrup transformasi linear yang diperumum. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai regularitas dan unit-regularitas dari suatu semigrup transformasi linear yang diperumum tersebut. Selanjutnya, juga dibahas mengenai karakterisasi dan beberapa sifat dari semigrup Smarandache dan hubungannya dengan semigrup transformasi linear yang diperumum. Hubungan tersebut meliputi syarat perlu dan syarat cukup agar suatu semigrup transformasi linear menjadi semigrup Smarandache.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER Ririn Widiyasari; Yaya S Kusumah; Elah Nurlaelah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.6.1.67-76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa calon guru matematika berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal Program Linier materi Metode Grafik yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika FIP UMJ dengan jumlah  6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tes kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa dipilih masing-masing dua subjek mahasiswa berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan berpikir reflektif mahasiswa berkemampuan awal matematika level tinggi, sedang dan rendah menurut kriteria adalah sebagai berikut, subjek dengan KAM tinggi untuk ketiga soal mampu memahami pertanyaan dengan cepat, menjawab soal dengan mengaitkan materi sebelumnya dan melengkapi dengan gambar secara tepat, mampu menjelaskan langkah-langkah dan menyadari kesalahannya, mengetahui sumber kesalahan dan memperbaikinya, memeriksa kembali jawaban dan menyimpulkan dengan benar. Subjek dengan KAM sedang mampu memenuhi semua indikator hanya untuk no. 1 dan 3 saja, untuk nomor 2 hanya mengetahui sumber kesalahan dan tidak memperbaikinya karena bingung dengan gambarnya. Sedangkan subjek dengan KAM rendah, untuk ketiga soal tidak memenuhi indikator berpikir reflektif, subjek tidak mengetahui sumber kesalahan dan salah konsep. Selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dosen atau guru matematika untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa demi mengembangkan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EDMODO DALAM PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN MATEMATIKA Reni Dwi Susanti; Mohammad Mahfud Effendi
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.017 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.9-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas penggunaan edmodo dalam pelaksanaan ulangan harian peserta didik. Efektifitas guru dilihat dari bagaimana pelaksanaan workshop dan efektifitas peserta didik dilihat dari bagaimana respon dan angket peserta didik. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan cara observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas workshop berjalan dengan baik dan lancar. Sedangkan efektifitas peserta didik berkaitan dengan responnya dapat dikatakan sangat baik dengan persentase 86%. Minat peserta didik mendapatkan persentase 86,5 %. Efektifitas tersebut bisa dilihat dari bagaimana pelaksanaan dan penggunaan waktu dalam ujian.  
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS POWTOON Hastri Rosiyanti; Viarti Eminita; Riski Riski
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1181.415 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.77-86

Abstract

Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat penguasan secara mandiri siswa dan motivasi belajar siswa pada materi jarak dalam ruang (geometri ruang). Maka dari itu, peneliti bertujuan mengembangkan desain media pembelajaran animasi dengan menggunakan PowToon pada materi jarak dalam ruang agar siswa dapat mencapai tingkat penguasaan secara mandiri dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model yang digunakan diadopsi dari model ADDIE, tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahap awal yaitu tahap Analisis dan Desain. Berdasarkan hasil analisis kurikulum, peneliti melakukan desain pembelajaran geometri ruang berbasis animasi. Pertama peneliti melakukan kerangka desain dengan bantuan Microsoft Word, dan selanjutnya mendesain pembelajaran menggunakan aplikasi PowToon. Tim peneliti melakukan diskusi pada proses pembuatan desain media pembelajaran. Adapun perbaikan-perbaikan yang telah kami lakukan untuk mendapatkan hasil desain media pembelajaran yang terbaik. Dari hasil desain pembelajaran geometri ruang yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan bermanfaat bagi siswa, yaitu siswa dapat mencapai tingkat penguasaan secara mandiri dan meningkatkan motivasi belajar.
ANALISIS KINERJA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGAJARAN MIKRO SEKOLAH DASAR Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.346 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.17-26

Abstract

FIP UPH mengharapkan mahasiswa calon guru matematika yang menenpuh pendidikan di UPH dapat mengajar baik di tingkat sekolah menengah maupun di tingkat sekolah dasar. Oleh sebab itu mahasiswa dianjurkan untuk mengambil mata kuliah yang memuat pengajaran mikro matematika sekolah dasar sekalipun tidak ada mata kuliah mengenai materi matematika sekolah dasar yang disediakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk melihat sejauh mana kinerja mahasiswa pendidikan matematika dalam pengajaran mikro matematika sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan perbaikan bagi pelaksanaan pengajaran mikro yang telah berlangsung, juga masukan bagi mahasiswa calon guru untuk terus meningkatkan keterampilan dasar mengajar. Adapun dalam penelitian ini, subjek yang diteliti adalah 56 mahasiswa program studi pendidikan matematika FIP UPH. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian pengajaran mikro dan kuesioner terbuka. Adapun hasil penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika sudah cukup baik dalam melakukan pengajaran mikro, namun masih harus terus meningkatkan keterampilan dasar mengajar, khususnya dalam keterampilan pengelolaan kelas. Hasil lainnya adalah sebagian besar mahasiswa telah menyadari kegunaan pengajaran mikro dalam meningkatkan kemampuan mengajar mereka, walaupun mereka masih menemukan beberapa kendala/kesulitan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE MATERI PYTHAGORAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA Arlin Astriyani; Faridah Fajriani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.687 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.87-90

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika tidak optimal serta siswa yang aktif pada saat pembelajaran matematika hanya didominasi oleh sedikit siswa menjadi latar belakang dari peneltian ini. Tujuan penelitian ini yaitu, menjelaskan keaktifan belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras ketika menggunakan media audio visual youtube. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP Labschool FIP UMJ dan sampelnya siswa kelas VIII yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Angket atau kuesioner merupakan teknik untuk mengumpulkan data. 5 tahapan dalam teknik analisis data yaitu merencanakan tahapan sebelum meneliti, membuat instrumen penelitian, melakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji realibilitas, serta melakukan uji prasarat analisis dan terakhir melakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Labshool FIP UMJ dipengaruhi oleh media audio visual youtube. Siswa terlihat lebih bersemangat dan lebih aktif dimana tidak lagi didominasi oleh siswa tertentu saja tetapi hampir setiap siswa ikut aktif. Terbukti dari uji hipotesis uji-t dimana thitung= 2,24 sedangkan ttabel = 1,745 pada taraf signifikasi α =0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung = 2,24 >ttabel = 1,745sehingga Ho ditolak.
INQUIRY BASED RME TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA Gelar Dwirahayu; Mayyosi Sandri; Dedek Kusniawati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.613 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.45-58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran inquiry based RME pada materi Himpunan di SMP dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Randomized Posttest Only Control Group. Sampel penelitiannya yaitu siswa SMP Negeri 272 Jakarta Timur kelas VII sebanyak dua kelas, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dimana siswa belajar matematika dengan menggunakan pendekatan inquiry based RME dan kelas kedua sebagai kelas control dimana siswa belajar matematika dengan menggunakan pendekatan konvensional dengan memilih materi himpunan. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inquiry based RME dapat meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa lebih tinggi daripada pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TEORI VAN HIELE Siltima Wiska; Edwin Musdi; Dony Permana; Yerizon Yerizon
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.342 KB) | DOI: 10.24853/fbc.6.1.59-66

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang diperlukan dalam perkembangan dunia saat ini. Namun, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Halminimdisebabkan peserta didik masih ketergantungan kepada guru dalam menerima informasi serta pembelajaran yang terjadi di kelas belum memfasilitasi kemampuan berpikir kritisnya dalam bidang geometri. Untuk itu dikembangkan lembar kerja peserta didik berbasis teori Van Hiele yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari pengembangan produk ini yaitu untuk mmenghasilkan mlembar kerja peserta didik berbasis teori Van Hiele yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model Plomp. Ada tiga tahapan pada model ini yaitu preliminary research, prototype phase, and assesment. Pada penelitian ini difokuskan melihat keefektifan produk pada tahap assesment. Tahap assesment dilakukan pada uji lapangan (field test) yang terdiri dari 30 peserta didik selama 6 kali pertemuan. Keefektivan produk dilihat setiap pertemuan pada tahap field test serta tes yang diberikan pada akhir pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik cenderung meningkat selama enam kali pertemuan serta tes akhir juga menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan sebesar 73,33%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10